Orang Indonesia Dominasi Facebook

Posted by :campuran



Kegiatan apa yang paling sering dilakukan orang Indonesia ketika mengakses Internet? Jawabannya adalah berjejaring sosial melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Terbukti, Indonesia menduduki posisi kedua sebagai pengguna Facebook dan berada di peringkat ketiga sebagai pengguna Twitter terbanyak di dunia.

Berdasarkan studi Yahoo! Net Index tahun 2011, menunjukkan bahwa 89 persen dari 2.770 responden menilik akun jejaring sosial mereka ketika mengakses Internet. "Penggunaan jejaring sosial menunjukkan lonjakan yang signifikan dibanding aktivtas online lainnya," kata Deputiy Managing Director TNS Indonesia, Suresh Subramanian.

Dibandingkan dua tahun lalu, persentase pengguna media sosial meningkat dari 58 persen menjadi 77 persen di tahun 2010. "Indonesia sedikit berbeda," kata Suresh. "Di negara lain tidak ada tren seperti ini."

Dia menjelaskan, ada beberapa penyebab meningkatnya pengguna jejaring sosial di Tanah Air. Pertama, masyarakat semakin mudah mengakses Internet, baik dari komputer, telepon seluler, maupun hotspot di mana saja mereka berada.

Kedua, kata Suresh, ada faktor budaya yang menyebabkan masyarakat Indonesia lebih nyaman menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapat atau informasi. "Orang Indonesia cenderung pemalu," katanya.

Dalam survei yang dilakukan di sejumlah kota besar, seperti Medan, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar diketahui bahwa pengguna jejaring sosial semakin selektif dalam memasukkan teman-teman mereka ke akun. "Tidak seperti dahulu, kini mereka membatasi informasi pribadi yang dicantumkan pada akunnya," ujar Suresh.

Selain berjejaring sosial, aktivitas online lainnya yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah menggunakan mesin pencari, memanfaatkan layanan pesan instan, surat elektronik, dan membaca berita. Dari survei ini juga diketahui sebanyak 45 persen responden mengakses Internet melalui telepon seluler.

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 1 comments... read them below or add one }

Awas facebook !!! mengatakan...

wah wah2, iy betul tu apa lagi org muda-mudi haha
visitback yah :D

Posting Komentar

Mengatakan...