Inilah Pemantik Api Kerusuhan di London

Posted by :campuran



Kerusuhan paling keras dan menggangu terjadi di London, Inggris, pekan ini. Tak disangka, peristiwa menakutkan ini diatur dari hal yang tak terduga.

Kerusuhan terkeras di sejarah Inggris ini meliputi pembakaran properti, penjarahan dan banyak orang terluka, tak terkecuali polisi. Awalnya, kerusuhan ini diduga akibat adanya pelanggaran spontan di ranah masyarakat melawan polisi.

Namun nyatanya, kerusuhan ini ternyata diatur melalui layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM). Selain layanan tersebut, banyak komentator menyalahkan situs jejaring sosial seperti Twitter.

Pasalnya, situs itu diduga kuat memfasilitasi para perusuh untuk saling berkoordinasi dan mengatur aksi-aksi mereka.

"Media sosial dan metode lain telah digunakan untuk mengatur keserakahan dan kriminalitas di tingkat ini,” ujar Wakil Asisten Komisaris Steve Kavanagh seperti dilaporkan Metro.

Bahkan, pencarian sederhana ‘tottenham bbm’ mampu menunjukkan cara orang menggunakan BBM dengan cara yang lebih luas lagi guna menyebar informasi terkait kerusuhan ini.

“Nampaknya, pesan BBM telah beredar sejak penembakan Duggan oleh polisi pada Kamis lalu. Hal inilah yang memanasi kemarahan anak muda yang ada di jalanan,” tulis Jonathan Akwue di Blognya.

Sumber: http://www.metro.co.uk/tech/871702-london-riots-blackberry-bbm-used-to-organise-violence-and-looting

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Mengatakan...