WebDT SA 3000, Monitor Jadi Papan Info

Posted by :campuran


Jika Anda berkunjung ke Bandar Udara Soekarno-Hatta atau bandara lainnya, perhatikan layar monitor yang terpampang di beberapa sudut gedung itu. Dalam satu monitor, tersaji berbagai informasi berbeda. Ada info jadwal penerbangan, klip video pariwisata Nusantara, iklan berbagai produk, dan iklan layanan masyarakat.

Selain itu, ada pula running text alias teks berjalan. Biasanya, teks itu ada di sisi bagian bawah dan berisikan berita terbaru dari dunia politik, ekonomi, hingga olahraga. Hebatnya, semua informasi itu disajikan dalam satu layar monitor yang dibagi menjadi beberapa sekat dengan ukuran berbeda.

Lalu, apakah monitor itu adalah monitor khusus? Bukan, itu adalah monitor biasa. Anda pun bisa membuat tampilan seperti itu dengan mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah SA3000 keluaran DT Research Inc.

Dengan dukungan perangkat lunak WebDT, yang berfungsi sebagai content manager, Anda akan menemukan keasyikan merancang tampilan layar monitor sesuai dengan keinginan.

Perangkat ini berdimensi 49,78 x 139,7 x 161,1 milimeter. Jika dilihat sekilas, perangkat ini tampak seperti kotak penyimpan cakram digital berwarna hitam. Tapi sesungguhnya, SA3000 adalah sebuah komputer yang didukung prosesor Intel Core 2 Duo 2,26 GHz dengan sokongan memori DDRII 2 GB.

Selain itu, alat ini dilengkapi koneksi kabel jaringan LAN 10/100 MB. Untuk keluaran display, SA3000 menyediakan port VGA dan HDMI. Sedangkan sistem operasi yang disediakan adalah Windows XP Home Edition. "Jadi, ini adalah perangkat berbasis web," kata Hendi Gustaman, Sales Engineer PT Zioncom Technology.

WebDT SA3000 dikonfigurasi dengan menggunakan protokol TCP/IP melalui perangkat lunak content manager berbasis web yang dipasang terlebih dulu di komputer server.

Proses instalasinya tidak rumit. Namun pastikan komputer Anda menggunakan Internet Explorer. Sebab, perangkat lunak yang disediakan tidak berfungsi maksimal di peramban Mozilla Firefox ataupun Google Chrome.

Kesulitan akan muncul saat konfigurasi awal. Untuk mencobanya, dibutuhkan waktu beberapa jam untuk mengetahui cara menghubungkan alat ini dengan perangkat lunak yang dipasang di komputer server. Tapi setelah terhubung, semua akan terasa sangat mudah.

Content manager inilah sesungguhnya kekuatan dari SA3000. Program ini mendukung hampir semua format file multimedia yang ada, seperti SWF, MP4, MMS, RTSP,FLV, PPT, PPS, MPEG1/2, AVI, DVD(VOB), MOV, dan HTML. Begitu pula dengan format file gambar, seperti JPEG, BMP, PNG,TIFF, GIF,TGA, PCX, dan file musik MP3, MP2, WAV, WMA, MIDI, RMI, AIF, AU, SND, MP4, dan ASF.

Selain itu, SA30000 mampu menghasilkan resolusi monitor hingga 1.920 x 1.080 pixel. Jika ingin membuat playlist yang akan diputar di monitor, Anda cukup melakukan "drag and drop". Sedangkan untuk membagi layar menjadi beberapa bagian juga cukup mudah. Caranya, atur ukuran kotak yang diinginkan. Anda tak perlu repot mengukur besarnya kotak-kotak tersebut. Sebab, content manager akan melakukannya untuk Anda.

Tambahan fasilitas Ticker juga disediakan. Informasi yang ingin ditampilkan sebagai running text bisa dimasukkan dengan cara mengetik manual atau menggunakan RSS dari website yang hendak dirujuk. Untuk mode ini, pastikan SA3000 terhubung dengan jaringan Internet.

Jika Anda memiliki lebih dari satu SA3000, Anda tak perlu repot mendatangi satu per satu ke lokasi. Cukup dari meja Anda yang terhubung ke komputer server, lalu panggil alamat IP yang dimaksud.

Setelah itu, kendalikan tampilan layar monitor dan konten. Hebatnya, penambahan konten tidak akan mempengaruhi tampilan monitor saat itu.

Sistem penjadwalan, salah satu fitur unggulan SA3000, memungkinkan Anda menjadwalkan playlist yang akan ditampilkan di saat yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan waktu kapan alat ini harus mati atau menyala.

Meski tidak dilengkapi kipas yang mumpuni, panas yang dihasilkan tidaklah terlalu besar. Bahkan ketika anda membiarkan SA3000 menyala selama dua hari nonstop dalam ruangan tanpa penyejuk udara, tak ada hambatan ditemukan.

Jadi, dengan sedikit sentuhan kreativitas, ruang tunggu kantor Anda akan lebih hidup berkat tampilan monitor seperti yang terdapat di berbagai bandar udara.


Spesifikasi:

Prosesor: Intel Core 2 Duo processor, 2,26 GHz

Memori (RAM) minimal: DDRII 2 GB

Memori (penyimpanan) minimal: 8 GB Flash SATA

Resolusi maksimal: hingga 1.920 x 1.080 piksel

Sistem operasi: Microsoft Windows XP embedded

Jaringan antarmuka: 10/100/1000 BaseT LAN; Wi-Fi 802.11a/b/g or Wi-Fi 802.11a/b/g/n (optional) I/O Ports 1 HDMI port, 2 audio jacks, 2 USB 2.0 port, 1 VGA port, 1 RJ45 connector untuk ethernet, 1 DC-in jack, 1 COM port.

Ekspansi: 1 Mini PCI Express card slot

AC/DC Adapter: External AC-DC 18.5V/3.5A/65W

Dimensi: 49,78 x 139,7 x 161,1 milimeter

Berat: 1.316 kilogram (kg) (dengan Flash); 1.416 kg (dengan HDD)

Regulator: FCC Class B, CE, C-Tick, UL, RoHS

Temperatur: 0–40 derajat Celsius; Penyimpanan: -20–60 derajat Celsius

Kelembapan: 0–90 persen

Software: Kompatibel dengan WCM 3.2 atau di atasnya

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 1 comments... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

waktu install pertama di win server 2003, kenapa menu serasa di lock tidak ada bisa di klik??

Posting Komentar

Mengatakan...