Data PDS HB Jassin Segera Disimpan Digital

Posted by :campuran

Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, saat ini kondisinya cukup memprihatinkan


Pihak pengelola Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin akan menyimpan data-data dan dokumen secara digital. Langkah tersebut dilakukan agar warisan dan dokumen perjalanan sastra para penulis dan seniman Indonesia dan dunia yang ada sejak dulu tetap lestari.

Digitalisasi dokumen tersebut sangat penting mengingat saat ini PDS HB Jassin menyimpan lebih dari 100 ribu judul hasil karya kesusasteraan Indonesia.Koleksi akan terus bertambah banyak, namun kapasitas bangunan yang kurang mencukupi.

PDS HB Jassin yang terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), tepatnya disamping Planetarium Jakarta telah penuh terisi 100 judul tulisan danlebih dari 50 ribu buku. Ruangan seluas 540 meter persegi tersebut hampir tidak menyisakan ruangan lagi. Butuh cara alternatif agar dokumentasi karya-karya sastra selanjutnya tetap berjalan.

"Salah satunya adalah dengan mendokumentasikannya melalui program digital," kata Kepala Pelaksana PDS HB Jassin, Ariany Isnamurti saat peluncura SMS Donasi Sastra bersama PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Minggu (21/5/2011).

Dijelaskannya, PDS HB Jassin adalah salah satu rujukan sastra Indonesia, selain Museum Leiden yang berada di Belanda. Orang-orang di seluruh dunia akan mencari dokumen kesusasteraan Indonesia kalau tidak ke PDS HB Jassin ya harus ke Leiden. Karena pentingnya tempat tersebut, jelasnya, menjadi penting bagi seluruh bangsa Indonesia untuk menjaganya.

GM Corporate Communication XL, Febriati Nadira mengatakan, selain turut membantu melakukan program digitalisasi dokumen PDS HB Jassin, XL juga berusaha membantu agar masyarakat Indonesia bisa turut menyumbangkan dananya untuk kelestarian PDS HB Jassin.

Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 2000 dengan tulisan SASTRA. "Dengan cara seperti itu, pulsa pelanggan akan terpotong Rp 2.200 termasuk PPn 10 persen. Hasil penggalangan dana tersebut akan disumbangkan ke PDS HB Jassin attas nama pelanggan XL," kata Febriati.

Nomor lain yang bisa di SMS adalah nomor 5000, bagi pelanggan XL yang ingin menyumbangkan dana sebesar Rp 5.000. Dijelaskannya, pulsa akan terpotong sebesar Rp 5.500 termasuk PPn 10 persen sebesar Rp 500.

Dengan cara peggalangan dana seperti itu, jelasnya, masyarakat yang berada di luar Jakarta pun bisa dengan mudah memberikan sumbangannya kepada PDS HB Jassin yang saat ini kondisinya cukup memprihatinkan.

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Mengatakan...