Saatnya Blogger Bicara Mudik

Posted by :campuran



Para blogger kini menjadi komunitas yang patut diperhitungkan di dunia maya. Melalui tulisan-tulisan mereka, siapa saja bisa menjadi sumber referensi baru dan mendapatkan informasi selain melalui situs berita.

Menjelang Ramadan dan Idul Fitri, para blogger turut berpartisipasi dengan cara melakukan uji jaringan di sepanjang rute jalur mudik di Pulau Jawa. "Karena mereka adalah heavy user untuk layanan data," kata Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 23 Juli 2011.

Lebih dari 200 blogger yang melakukan perjalanan darat dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Ponorogo, Solo, dan Yogyakarta akan berkumpul dalam Obrolan Langsat (Obsat) di Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, sore tadi. Ini menjadi diskusi Obsat pertama yang berlangsung di luar Jakarta.

Dalam obrolan Langsat yang dipandu blogger Wicaksono atau lebih dikenal Ndorokakung ini akan hadir blogger otomotif Edo Rusyanto, Brigadir Satu (Briptu) Eka Frestya dari Traffic Manajemen Center (TMC) Polda Metro Jaya, dan perwakilan operator selular XL. Pada acara yang bertema "Mudik Aman dan Nyaman" itu, mereka akan berbagi informasi seputar pengalaman menggunakan layanan data di sepanjang jalur mudik, tips bagi para pemudik, informasi titik-titik kepadatan di jalur mudik, dan kesiapan jaringan XL untuk mengantisipasi lonjakan traffic.

"Kami mengharapkan masukan dari mereka karena para blogger menjadi referensi bagi banyak orang," kata Febriati.

Senior Vice President PT XL Axiata Tbk, Ongki Kurniawan, mengatakan selama Lebaran rata-rata terjadi lonjakan traffic sebesar 30 sampai 35 persen dari hari biasa. Dalam keadaan normal, setiap harinya XL melayani 530 juta menit panggilan telepon, 630 juta SMS, dan layanan data sebesar 33 terabita.

Khusus untuk layanan data, Ongki mengatakan terjadi lonjakan traffic yang signifikan dibanding tahun lalu, dari 8,6 terabita per hari menjadi 33 terabita setiap hari. "Kenaikannya sampai 400 persen," ujarnya.

Sementara, untuk layanan voice call dan pesan singkat, Ongki optimistis kapasitas jaringan XL masih mampu menangani traffic yang padat karena didukung 24 ribu BTS, baik 2G maupun 3G, dan 18 unit mobile BTS.

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 1 comments... read them below or add one }

Berlibur Yuk mengatakan...

Mudik... Mudik...

Posting Komentar

Mengatakan...