Yahoo! Koprol Rayakan Ulang Tahun Pertama

Posted by :campuran



Media sosial berbasis lokasi, Yahoo! Koprol, merayakan ulang tahun pertama dengan mengeluarkan berbagai fitur dan layanan baru. Untuk tampilan di website, situs www.koprol.com kini hadir dengan user interface yang didominasi warna putih dan hijau terang.

Dalam tampilan web ini, Yahoo! Koprol menambahkan fitur baru, seperti "Koprol Stamp" dan "Koprol for Business". Layanan Koprol Stamp merupakan elemen hiburan karena pengguna bisa memberikan stempel sebagai bahasa baru dalam memberikan predikat kepada pengguna Koprol lainnya.

Namun, pengguna tidak bisa sembarangan menggunakan stempel ini. "Ada syaratnya," kata Co-funder Yahoo! Koprol, Satya Witoelar, di kantor Yahoo! di Jakarta, Kamis 7 Juli 2011. Bagi pengguna aktif yang sudah posting sebanyak 250 kali baru mendapatkan 3 stempel yang dipilih secara acak. Stempel itu kemudian diberikan kepada pengguna lainnya sebagai penanda. "Ini seperti game untuk membangun reputasi kita," katanya.

Adapun Koprol for Business adalah layanan bagi para pengusaha kecil menengah memperkenalkan produk mereka. Saat ini, kata Satya, tercatat 3.000 perusahaan besar, menengah, dan kecil yang sudah menggunakan fitur tersebut. Mereka di antaranya Universal Music Indonesia, Sony Music, 7Eleven, dan Burger King.

Selain memberikan tampilan dan fitur baru dalam versi website, Satya menambahkan kini Yahoo! Koprol sudah bisa diakses melalui ponsel Android. Pengguna dapat menggunakan versi mobile-nya dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di www.koprol.com/android. "Kami sedang berusaha masuk ke Android market," kata Satya.

Satya mengatakan, sejak diakuisisi Yahoo! pada Mei 2010, pengguna Yahoo! Koprol melonjak sampai 20 kali lipat. Sebelum "dicaplok" situs asal Amerika Serikat itu, pengguna Koprol berjumlah 75 ribu orang. Kini mencapai 1,5 juta anggota di seluruh dunia. "Sebanyak 80 persennya adalah pengguna dari Indonesia," ujarnya.

Country Manager Yahoo! Indonesia, Pontus Sonnerstedt, mengatakan Koprol merupakan situs media sosial yang sukses di Tanah Air. "Koprol menjadi komunitas, khususnya bagi pengguna Internet yang masih muda," ujarnya.

Menurut Sonnerstedt, dengan menggunakan login Yahoo!, pengguna bisa langsung masuk ke akun Koprol. "Ini sangat ringkas, sehingga Anda tidak perlu mengingat banyak username dan password," katanya.

Untuk merayakan ulang tahun pertama ini, Yahoo! Koprol rencananya akan mengadakan Koprol Festival sebagai ajang kopi darat bagi anggotanya. Setiap pengguna Koprol yang ingin mendapatkan undangan untuk hadir di acara yang bakal digelar 13 Juli mendatang di Jakarta itu harus mengirimkan kesan mereka selama menggunakan layanan media sosial ini. "Kami akan memilih 300 komentar paling menarik untuk mendapatkan undangan dan hadir di acara Koprol Festival," ujar Satya.

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Mengatakan...