Makko, Cara Baru Baca Komik Online

Posted by :campuran


Komik atau cerita bergambar tak melulu dari Jepang, Amerika Serikat, atau Korea Selatan. Komik karya anak negeri pun kini mulai menunjukkan tajinya. Mau buktinya? Mari mampir ke situs makko.co.

Apa itu Makko? Makko adalah situs penyaji komik gratis, lengkap dengan artikel dan tempat belanja merchandise. Situs yang berdiri sejak Oktober 2010 ini bertujuan sebagai wadah komikus berbakat Indonesia yang kurang dikenal. "Harapan kami, sebuah komik tak hanya menghibur, tapi juga mampu bersaing dengan komik-komik terjemahan Jepang dan Amerika Serikat," ujar Uwi Mathovani, Chief Editor Makko.

Menurut Sunny Gho, Managing Director Makko, komik di negara yang industri komiknya sudah maju diperlakukan tidak sekadar bacaan. Tapi sudah dikembangkan menjadi produk-produk turunan, merchandise, serta media produk placement. "Di Makko kami mencoba itu, dengan aktif mengembangkan merchandise dan adaptasi (game dan film)," ujar Sunny.

Sejak online pada Mei 2011, sudah lima judul komik yang diterbitkan dengan aneka genre. Makko menargetkan 20 judul komik di tahun pertama dengan tambahan genre komik olahraga, komedi, perempuan, sci-fi, dan drama.

"Pada umumnya kami menargetkan remaja sebagai pembaca, tapi komik kami dibuat untuk semua umur," kata Sunny lagi. Namun ia menegaskan komik besutan Makko jauh dari konten pornografi dan SARA. Karena itu pada tahun pertama Makko memilih sendiri komikus yang ingin dilibatkan.

Seiring dengan naiknya pengunjung hingga 10 ribu per bulan dan bertambahnya jumlah komikus yang ingin dimuat, Makko pun mulai membuka kesempatan untuk komikus umum. Tentu ada syarat yang ditetapkan tim editor Makko.

Hingga saat ini tak ada ciri khusus komik yang diterbitkan Makko. "Menurut kami ciri tersebut akan muncul dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan industri," ujar Sunny. Tapi tetap Makko menekankan ciri ataupun karakteristik lokal dalam cerita. "Kami mendorong komikus berkarya dengan mindset local going global," tuturnya.

Ada komik apa saja di Makko, ini daftarnya.

5 Menit Sebelum Tayang
Komik bertema jurnalis ini berkisah tentang budi seorang reporter tv. Ketika bosan dengan tekanan pekerjaan, terjadi keajaiban 5 menit sebelum tayang yang mengubah hidupnya

Guardian
Komik bergenre komedi ini bertutur tentang Abe, seorang pemuda pengangguran. Tapi tiba-tiba nasibnya berubah karena kejadian mendadak jadi pahlawan dalam sebuah perampokan.

Raibarong
Raibarong adalah tokoh sakti mandraguna yang tak bahagia. Ia sangat membenci Sang Rambut Emas, tapi sebenarnya Raibarong dalam pencairan misi kehidupannya.

Rokki
Jiwa remaja Rokki berontak mencari jati diri. Pencariannya menggiring ke pertemuan dengan makhluk luar angkasa, kepala sekolah licik dan gadis pujaan yang tak tergapai.

Wanara
Kisah petualangan empat pemuda dan seekor kera melawan Panda, sang Mafia penguasa kota.

Jadi tertarik ingin membaca, silakan mampir ke makko.co.

Pembaca Kami Juga Membaca:



{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Mengatakan...